Minggu, 18 Desember 2011

Perlukah Renovasi Besar-Besaran?


Sudah semakin banyak agen properti di Indonesia yang menawarkan rumah atau ruko  untuk dijual dan disewakan seperti Century21 Broker Properti Jual Beli Sewa Rumah Indonesia. Setelah membeli rumah dari agen properti tersebut, biasanya pembeli  akan melakukan renovasi besar-besaran baik itu untuk lantai tambahan dan hal lainnya. Tapi tunggu dulu, pertanyaanya adalah apakah perlu renovasi secara besar-besaran hingga rumah harus dihancurkan lagi? Beberapa hal yang bisa dilakukan tanpa merenovasi besar-besar adalah mengubah rumah menjadi rumah minimalis.

Menganut tema minimalis. Rumah dengan interior minimalis akan memaksimalkan setiap sudut rumah sehingga penambahan lantai ke-2 atau selebihnya dengan alasan perlu ruang atau barang banyak bisa dihindarkan. Hal – hal yang perlu diperhatikan saat mengunakan tema minimalis adalah:

-          Cat
kamar minimalis
Pilih warna terang untuk cat dinding  karena akan membuat ruangan terlihat luas. Bila perlu campur dengan warna putih agar terlihat lebih terang. Bila suka mengambar, pilih warna dasar putih atau yang lain kemudian gambar dengan warna yang kontras.

-          Stiker dinding
Tidak sempat mengecat? Sekarang bisa menggunakan stiker dinding dengan berbagai motif yang dapat dipilih. Pilih warna yang kontras dengan warna dinding untuk terlihat lebih segar (fresh).

-          Mebel
Pilih mebel (perabotan rumah) yang memang digunakan saja sehingga tidak akan memakan tempat. Lebih baik tidak memilih perabotan dengan warna gelap agar tidak menambah kesan sempit. Untuk ruang makan,  meja makan bisa digabungkan dengan dapur.

-          Sudut ruangan
Jangan mengangap sudut ruangan tidak penting. Maksimalkan sudut-sudut ruangan tersebut. Contohnya sebagai tempat rak baju, meja lampu dan sebagainya.

-          Rak
Penambahan rak dinding akan membantu membuat ruang lebih banyak. Sedangkan dibawah rak dinding bisa digunakan sebagai tempat memasak, tidur dan lainnya.

Rumah akan terlihat baru tanpa renovasi besar-besaran hanya dengan menganti tema, warna cat, dan mebel. Rumah sempitpun bisa di maksimalkan kegunaanya sehingga hanya perlu menambah sekat dan pintu  bila memerlukan ruangan baru tanpa perlu membangun lantai ke-2. Bila bisa berhemat, kenapa tidak? Semoga Berguna

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar